Fairyfallen's Weblog

Filed under: Travelling — fairyfallen @ 3:58 pm

Trip to Bali

6-11 March 2010

Wokeh setelah pulang dari Bali, kaga ada niat buat nulis blog sama sekali, so istirahat sekian hari, memulihkan pikiran dari shock atas biaya yang dikeluarkan😀 Sekarang saatnya cuap – cuap akan kesenangan yang diperoleh dari Bali selama 5 hari🙂

Akhirnya setelah sekian lama, cita – cita untuk ke Bali tercapai juga, apalagi sebagai kado kelulusan kuliah hehehe. Sebenernya pergi ke Bali ini ga terlalu terencana, dimana gw pergi bersama 5 orang temen gw dan membeli tiket 3 hari sebelum keberangkatan –> sangat tidak disarankan sih😀 Akhirnya dengan waktu singkat kita browsing – browsing mengenai Bali, penginapan murah, objek wisata, serta sewa kendaraan murah di Bali. Dengan berbekalkan nama – nama hotel melati yang menjadi tujuan nginap di daerah Kuta tepatnya di Jalan Poppies, kita berangkat menuju Bali dengan pesawat Lion Air. Sebenernya awal – awal uda rada serem2 naik lion air karna biasanya goyangannya paling aduhai diantara maskapai penerbangan lainnya. Untungnya dapet pesawat yang cukup gede, jadi rada tenang. Perjalanan memakan waktu hampir 2 jam, Oh ya ada perbedaan waktu 1 jam antara Bali dengan Jakarta.

Begitu sampe ke bandara ngurah rai Bali, kita sempet bingung mau naik apa buat ke daerah Jl.Poppies ini. Akhirnya kita beli voucher taxi seharga Rp.50ribu per taxi (kita pake 2 taxi karna ber-6). Awalnya mau naik taxi bluebird yang berhenti di bandara, tapi ternyata ada aturannya kalo taxi dari luar itu cuma boleh drop penumpang aja =.=! Naik taxi ke arah Kuta itu bentar aja, ga sampe 10 menit dan kita sampai ke jalan poppies II yang ternyata emang kecil dan ramai. Daerah sini sering banget deh ngeliat bule – bule sambil nenteng2 papan surfing😀 lumayan buat cuci mata wkwkwkwk…

Dengan backpack, kita kelilingin jalan poppies II ini buat nyari penginapan, berbagai penginapan yang namanya uda dicatet, kita datengin satu – satu. Akhirnya kita nginep di Dua Dara Inn dengan harga per malamnya 125rb untuk 2 orang, dapat breakfast. Kamarnya standar, kecil dengan queen bed, dan ada kamar mandi dalemnya (yang juga kecil :D). Stelah taro2 barang akhirnya kita jalan keluar buat nyari rent motor, dapet rent untuk 1 hari dengan harga per motornya 40rb blom termasuk bensin, oh ya dapetnya motor matic Mio. Saran gw, jangan lupa minta helmnya, soalnya kalo ke jalan2 besar itu harus pake helm dan polisinya ketat banget, sempet temen gw ketangkep gara2 ga pake helm, karna helmnya kurang =.=! akhirnya beli helm, swt banget deh. Sempet nyasar n muter2 daerah kuta, trus kita ke pantai kuta buat main2 sampe sunset, then menuju jimbaran buat dinner hohoho…Jimbaran ini bener2 banyak banget resto seafood nya yang buka malem2, wah nyaman banget deh, duduknya tuh di tepi pantai trus ada rombongan penyanyi gitu yang bakal datengin, tapi beda banget sama pengamen metromini jakarta. Mereka bawain lagunya tuh bisa by request and bagus deh😀 Di jimbaran ini, kita mesen 1 ekor ikan gurame, 1 ekor ikan kakap buat dibakar, trus 0.5 kg cumi buat goreng tepung, 1 kg udang masak asem manis, 1 kg kerang apa gitu masak saos spesial. Overall makanan seafood, emang enak, tapi yang paling mantepnya itu ternyata kerang saos spesialnya, Enak bangettt, bener2 mengena di lidah. Untuk makan malam di jimbaran per orang kena skitar 60ribuan, puas, makan kenyang plus minum air kelapa uth, ga afdol deh kalo ga minum air kelapanya wkwkwkwk. Oh ya karna banyak banget restonya, kalo ga salah kita makannya di resto yang namanya Teba Cafe. Then balik ke penginapan, taro motor, sempet jalan2 di skitar jln Legian, wah night lifenya mantep bener, rame, banyak pub yang nawarin macem2 dari yang bener sampe yang ga bener wkwkwkwk. Setelah mondar mandir ga jelas, akhirnya balik ke penginapan, tidur, siapin tenaga buat kesenangan di hari esok.

Day two
Ok hari kedua di Bali, masih antara sadar ga sadar kalo uda di Bali😀 pagi2 jam 9 gitu kita cabut dari penginapan, dapet rent mobil xenia dengan harga 150rb per hari (self drive, blum termasuk bensin), untung ada 2 pejantan yang bisa jadi supir wekekeke. Then tancap gas, dengan plan mao ke ubud. Sempet kita mampir juga ke pasar sukawati buat belanja baju barong en selendang. Setelah menempuh perjalanan sampe siang, perut pun uda keroncongan soalnya paginya cuma sarapan roti telor sama teh manis, uda nyampe ke ubud juga, tapi sepanjang mata memandang hanya ada toko kerajinan batu, kayu, kaca T__T keren sih, tapi yang urgent adalah makanan. Akhirnya drive terus, entah deh uda sampe mana, karena petunjuk jalannya agak kurang jelas dan peta yang kita bawa juga ga bener2 detil. Ternyata belakangan sampe ke daerah tegalalang, trus ketemu juga 1 resto. Langsung parkir, isi perut dulu. Plus foto – foto hehehe, daerah sini hawanya masih adem2 pegunungan gitu, ada teraseringnya juga, pemandangannya pokoknya keren deh. Dan harga untuk makanan yang kita pesan juga keren deh, kayaknya ni resto skalian jual pemandangan. Gw pesen nasi ayam goreng (dapet 2 potong ayem) plus lemongrass ice tea kena 60ribuan =.=! padahal kalo beli di daerah binus palingan cuma 15ribuan..Hikz, gpp deh daripada kelaperan ngeliatin batu, kayu, kaca doang.

Udah kenyang, lanjut perjalanan lagi ke kintamani, berhubung temen gw pengen liat kuburan orang di kintamani yang konon katanya ditaruh gitu aja, ga di kubur. Trus kita drive nurunin gunung menuju ke danau (ga inget namanya) dan berhenti di satu tempat. Langsung diserbu ama pedagang lokal yang agresif banget nawarin dagangannya =.=! trus ditawarin juga buat sewa perahu + ke kuburan + ke pemandian air panas + baju renang, deal di harga 400ribu untuk ber-6. Naik perahunya cukup lama buat nyebrangin danau menuju kuburan, nyampe daerah kuburan sana uda sore banget, udah mule gelap, ya Tuhan gw ude deg2an banget, tapi ne cowo2 malah excited banget masuk ke kuburannya, haduh gw uda serem abis deh, mereka sempet foto2 ama tengkoraknya pula =.=! akhir kata, setelah keluar dari daerah kuburan, diminta duit ama orang penjaga kuburannya, trus sempet diminta untuk nyumbang juga, katanya buat keamanan gitu deh. Trus pas balik ke perahu uda gelap banget, gagal deh rencana ke pemandian air panas. Akhirnya putusin buat balik ke mobil aja, uda gelap banget, serem lagi. Pas uda sampe darat, itu tukang perahunya mohon2 dengan agresif buat minta duit =.=! Kita kapok deh, langsung buru2 masuk mobil en drive out from here. Bener2 pengalaman buruk =.=!

After that, rencana kita ke Bedugul. Nah ini baru perjuangan paling beratnya. Gak tahu jalan, nanya orang2, diunjukin jalan kecil yang katanya motong, biar lebih cepet sampe. Dari sekitar jam 7 malem drive ke bedugul, trus jalanannya itu naik turun gunung gitu, bahkan cukup banyak tikungan yang curam banget, malah uda gelap, sepanjang jalan itu kanan kirinya hutan, jurang. Wah perjuangan banget deh, sampe deg2an abis, tegang, gada yang sempet tidur di mobil. Sampe akhirnya ketemu penunjuk jalan ke bedugul, uda seneng nih. Eh ternyata jalan yg kita mau laluin itu longsor T___T sempet mau terjang, tapi ternyata ga bisa karna terlalu licin, eh malah mobilnya rada2 bermasalah, untung ketemu penghuni lokal yang bantuin dorong mobilnya. trus dikasi tau lewat jalan lain buat menuju bedugul. Sempet nyasar kemana2, akhirnya sampe juga ke jalan besar, malah jalan menuju jalan besarnya rada curam, mobilnya ga kuat naek, alhasil anak2 cowo turun buat dorong mobilnya😀 Akhirnya ke jlan besar then kita nyari hotel ashram yang kita dapet dari referensi inet. Setelah nemu hotelnya, trus harga per kamarnya 200rb, kita pake 2 kamar, kamar pertama 2 cewe 1 cowo, kamar kedua 3 cowo, eh ternyata kamar kedua lebih gede, akhirnya cowo2 ber-4 skamar, cewe2 ber-2 sekamar hohoho. Oh ya sampe hotel ini kira2 sudah jam 12 malem, dengan kondisi belum makan, letih lesu. Akhirnya minta tolong penjaga hotel buat beliin makanan.

Wah perjuangan banget deh buat ke Bedugul ini, dengan perasaan was2, deg2an, lengkap deh semuanya, cape banget pas nyampe kamar hotel. Eh malah sempet di kamar gw ini ada serangga yang dibenci seluruh wanita bernama KECOAK. Ya ampun, gw uda cape banget, ni kecoak keluar dari kamar mandi dan ngumpet entah dimana, dicari ga ketemu2, eh pas gw tiduran malah kecoanya nyamperin, langsung gw ama temen gw satu lagi jerit2an di kamar en mencoba kabur dari kamar, eh malah kamarnya uda gw kunci😀 sampe susah banget buka kuncinya wkwkwkwk. Pengalaman deh pokoknya, tidur nyenyak, gak pake mimpi lagi😀

Day Three
Setelah letih dengan perjuangan hari kedua, gw terbangun jem 6.30 karna alarm😀 then siap2, mandi, gile udara di bedugul dingin banget, lebih dingin dari puncak. Then after sarapan nasi goreng + kopi item, kita cabut dari hotel menuju danau bratan (kalo ga salah). Kita sewa 2 boat + alat pancing, untuk sepuasnya, nah buat harganya gw lupa nih yang pasti lebih murah dibanding yang di kintamani. Then mancing di danau sampe siang, sempet ngadu banyaknya ikan yang dipancing😀 trus kita cari makanan buat lunch, dan pilihan jatuh pada bakso pinggir jalan seharga 5rb, jelasnya sih gw makan cuma kenyang, jangan tanya deh rasanya gemana😀 Trus melanjutkan perjalanan ke Tanah Lot, nah dari perjalanan menuju tanah lot ini, kita sempet mampir ke pemandian air panas di desa angseri, wah jalannya juga curam nih, dan banyak lubang, untung supirnya ahli wkwkwkwk..Dengan berbagai perjuangan akhirnya sampe juga di pemandian air panas, dan buat ke kolam pemandiannya, effortnya ga kalah hebat karna hanya bs ditempuh dengan jalan kaki, menyusuri jalan setapak yang kalo kita oleng bisa jatuh ke jurang T_T dan nurunin banyak tangga, baru sampe ke kolamnya. Untuk pemandian ini kena biaya 4rb per orang dapetnya di kolam luar. Kolam luarnya penuh dengan lumut, gw sempet kepleset untung kaga jatuh, dan dalemnya lumayan, mgkn ada 1.5 meter. Kita akhirnya putusin buat ambil yang kolam privat aja dengan harga 10rb per 30 menit. Wah kalo yang bayar ekstra emang dapetnya juga extra, kolamnya bersih, privasi, enak deh pokoknya😀 Akhirnya setelah merasa cukup mengembang after berendem 30 menit, kita mandi then menuju ke mobil menuju Tanah Lot untuk liat sunset😀

Kita sampe Tanah Lot pas sunset, pemandangannya keren banget, tebing2 yang keren, foto2 bentar, then nyebrang ke tebing yang tengah, yang cuma bisa dicapai jika air lautnya lagi surut. Disana sempet nyobain holy spring, ini mata air tawar yang ada di tengah laut, aneh kan, gw sempet cuci muka, cuci tangan, trus minum airnya dan ternyata emang air tawar wkwkkwkwk…Trus ada juga holy snake, tapi gw kaga liat seh. Dah foto2, trus balik deh ke mobil, kita kembali menuju daerah Kuta😀 Nyari penginapan lagi di daerah Kuta, nah kali ini dapet penginapan namanya Beneyasa II di jl.Lebak Bene dengan harga 100ribu per kamar untuk ber-2. Kamarnya sih lebih gede dari yang dua dara inn, kamar mandinya juga luas, plus dapet sarapan roti goreng dengan pisang😀 Nah uda beres2 barang, cowo2 pada massage, katanya sih kaga afdol kalo blom massage di bali wkwkwkwk…sedangkan gw sama mimi nyuci T_T gara2 baju, clana, daleman pada kaga cukup wkwkwkwkkwk…kebanyakan maen aer sih hahaha…

Day Four
Nah ini adalah hari tanpa tujuan😀 ga tau mau kemana gara2 kertas print referensi jalannya ilang entah kemana =.=! Akhirnya niat, nyari ayam betutu buat makan siang, ketemunya di jl.veteran, yah begitu masuk ke mulut, rasanya standar sih, cuma ayam pedes2 aja wkwkwkwk. Trus abis itu kita ke GWK, katanya ini tempat dibangun dengan membelah gunung, pas kesana masuknya bayar 25rb per orang (kl ga salah). Then masuk ke dalam, sambil foto2, proyek GWK ini blom selesai, baru kelar 20%, maunya dibkin ada patung wisnu mengendarai garuda, tapi baru jadi badan wisnu, tangan wisnu, sama kepala garudanya aja. Yah disini foto2 aja sambil berteduh karna kita kesana lagi panas2nya. Lalu udah puas foto2 disana (krn bayar 25rb gitu lho =)) wkwkkwkw) then kita menuju ke tanjung benoa buat water sport. Pas kita kesini, sempet ditawarin ama calo gitu dan dibawa ke tempat2 mainnya, eh ternyata uda pada tutup, pdhl baru jam 4 sore. Eh pas kita parkir, terjadilah bencana, kunci mobil ketinggalan di mobil en mobilnya di kunci…wah petaka..akhirnya ditolongin sama orang sana buat ngebobol mobilnya wkwkwkkw ternyata ngebobol mobil itu ga susah, modalnya cuma pake 1 batang bambu tipis, jadi serem kalo mao bawa mobil kwkwkwkwk…

Eh setelah masalah itu solve, ternyata org yang ikut2 dalam membantu bobol mobil itu salah satunya yang buka usaha buat water sport itu, akhirnya kita ditawarin maen, setelah nego2, cowo2 maen parasailing dengan harga per orang 75rb, dan kita ber-6 naek banana boat per orang 75rb. Cowo2 maen parasailing duluan, then baru deh rame2 maen banana boat😀 duh sempet serem juga sih gw, kan anak alim gitu, ga pernah main yang aneh2 wkwkwkkwkwk…then naek boatnya, ditarik yang speedboat gitu sampe ke tengah laut, then ditanya mau dijatuhin apa kaga, ah sia2 gw teriak2 memperjuangkan spy ga dijatuhin, ujung2nya dijatuhin juga =.=! ditarik muter2, akhirnya jatoh deh gue ke laut, kaga sempet ambil napas, dan gw ampe lupa gimana cara berenang karna sempet rada kaget pas jatoh ke lautnya, di tengah laut boo, gw kaga tau deh kedalamannya brapa T_T tapi gw mendapat suatu kesimpulan, yaitu Gue bisa ngambang di aer Wkwkwkwkwkwk😀

Day Five
Hari kelima adalah hari beli oleh2, dimana sebelumnya gw juga uda curiga gw bakal jatuh miskin buat oleh2 ini wkwkwkwk. Pertama kita ngunjungin toko oleh2 bali di jl.sunset, sempet ngabisin cukup lama disini, gw beli brem bali, kacang gitu2, yaa hampir smua yang gw beli ada tulisan “oleh2 khas bali”, then saat yang paling tidak gw inginkan adalah saat “Bayar”, g menghabiskan hampir 300ribu buat beli barang2 disini. Lalu kita ke toko yng namanya Titiles, ini toko jual makanan kering macem abon gitu. Wah begitu sampe tokonya, yang menarik perhatian gw sih bukan abonnya, tapi hewan peliharannya, buset deh ada 2 pasang singa, dan 1 ekor macan, trus ada berbagai mcm burung, ada rusa, ada arwana, ada berbagai macam uler, ada kelelawar, ada kepiting jumbo, ada ikan arwana yang katanya uda umur 6 taon, trs ada kura2, ada ikan koi, wah macem2 deh. Gile baru kali ini gw liat singa dengan jarak yg begitu deket =.=! stelah milih2 abon dkk, trus kita balik ke mobil, then nyari2 toko yang jual babi guling wekekekek, penasaran gitu soalnya banyak yang jual dan kayaknya emang terkenal. Akhirnya setelah searching2 juga di google, nemu tokonya paling deket itu di jl.teuku umar, namanya babi guling candra. Kita pesen porsi special, dan begitu sampe ke meja, oh my God yang bisa gw makan itu cuma 4 potong kecil daging yang layak makan serta 2 tusuk sate, sisanya di mata gw kaga layak makan =.=! pupus harapan gw, dengan harga 30rb per porsi yang ga worthed banget. Yah begitulah wisata kuliner gw yang rada gagal buat bb gulingnya. Oke next kita ke joger, menghabiskan waktu yang cukup lama juga disini buat milih2 baju, serta suvenir lainnya yang unik2😀

Setelah dari Joger, kita tancap gas menuju pantai dreamland yang katanya masih sepi, dan ternyata emang masih lebih sepi dari kuta, pasirnya rada kasar tapi lebih putih, dan ombaknya juga lebih gede, sempet celup2 kaki aja, then balik ke mobil buat dinner. Lalu after dinner di KFC, kita balik ke penginapan. Dan ketika melihat sluruh barang2 yang di kamar, shock, khilaf belanjanya =.=! Dari yang dateng cuma bawa 1 tas backpack, skrg uda berkembang biak jadi 1 tas backpack yang uda ampir meletus plus 1 kardus yang mayan besar =.=! Sedangkan isi dompet gw malah menyusut dengan drastis.

Day Six
Wokeh ini adalah hari terakhir hikz hikz…siap2 sarapan then masukin barang2 ke mobil, lalu berangkat menuju bandara…Then setelah ngurus ini itu, kembalilah kita ke Jakarta dengan pesawat AirAsia…

Overall, begitulah trip gw n kawan2 ke Bali yang penuh dengan kenangan dan perjuangan, kalo soal biaya, wah ampir mencapai 3 juta lah plus oleh2nya tapiiiii membawa pulang kesenangan, kenangan, oleh2, capek, serta hitam dari Bali wkwkwkwk…

Next trip :…… Aduh kaga mikir deh, masi menderita kemiskinan dan jobless =.=!

fotooo :

3 Responses to “Trip to Bali”

1. susan Says:

lg iseng nyari info wisata ke KL, nemu blog ini, dan akhirnya baca trip yg ke bali ini…sy jd ngakak jg….hahhahahhaa….( kebetulan sy stay in bali )

rutenya itu gila banget yahh… masa dr kintamani ke bedugul ? malam… dan ga tau jalan pula ..
    untung ya bs nyampe… mestinya malam itu nginep di kintamani aja…. pagi2 liat sunrise dan danau batur dan gunungnya…oke bangeett..

besoknya explore bedugul seharian tuh… ke gitgit air terjun, atau ke danau buyan jg ( bedugul ada 2 danau ), dan ke kebun rayanya.. naik mobil keliling kebun… sampai atas bisa lihat view danaunya yg indah jg

dan itu hotel yg di bedugul…bukannya htl short time..? hihihi….di bali uda terkenal jorok jg ntu… mending cari hotel ‘bedugul’ namanya…. sebelumnya nyampe ke danau bratan ada pertigaan kecil yg ada patung polisi itu belok ke kanan…. disitu ada hotel bedugul namanya yg jg dipinggir danau banget…. yg agak atas model cottages, yg di bwh hotel biasa, atau nginep di enjung beji… mahalan dikit…tp lbh bersih lah

tp klo ke bedugul…emang kudu bs nyetir yg jago…byk tanjakan dan tikungan tajam soalnya

next time jelajahi bali lg deh… ke dream land mungkin ?

• fairyfallen Says:

wekekekekke sblmnya tengkyu lho da mampir ke blog sy😀

maklum, semangat anak muda yang masih membara jadinya nekat dari kintamani ke bedugul😀 walo gak tau jalan bawa peta sih sebenernya, tapi ternyata petanya gak terlalu guna T_T Awalnya sempet kepikir mo nginep di kintamani sih, tapiiii experience ke kuburannya uda gak enak, jadinya langsung buru2 cabut darisana… emang kepengen tu ke air terjun gitgit, kebun yg ada gajahnya (lupa namanya :D) tapi yah karna gak tau jalan ujung2nya pokoknya drive aja terus apalagi petunjuk jalannya rada minim😀

Aaaaa emang harusnya nanya ke org yang stay di bali ato pernah petualang ke bali nih T_T Wkt itu tiba2 sih ke bali tanpa rencana mateng begini deh jadinya, tp gpp lah…. next time kalo ke Bali lagi minta petunjuknya yahhhh sis hehehehe…

oh ya btw dreamland itu pantai yang di selatan sana kan? sempet pergi kesana tapi uda sore sih hehehe main2 bentar, showernya mahal banget 10rb per orang T_T