Fairyfallen's Weblog

Filed under: Travelling — fairyfallen @ 7:55 am
Tags: ,

Trip to Jogja

Nah kali ini tulisan gw bakal mengulas jogja, yah secara uda pernah ngunjungi KL , Singapore, Penang, masa yang lokal malah kaga disentuh😀

Tapi trip kali ini lagi2 berterima kasih pada airasia yang telah memberikan harga murah buat flightnya, bayanginnn, gw ke jogja PP cuma 12rb untuk tiket pesawat😀 yah tapi diitung2 kena airport tax jkt 40rb, airport tax jogja 25rb jadi total 77rb😀

Nah untuk trip ke jogja ini gw pegi berempat, gw , cici gw, pacar cici gw (sebut aja Nathbun-cit, jangan ampe dia baca blog gw wkwkwkwkwk) en mami ku😀. Dari jakarta, gw kaga book hotel, karna baca2 dari info inet katanya kalo dateng langsung itu bisa dapet lebih murah, so pas nyampe jogja baru hunting, tapi perkiraan sih mau tinggal di Jl.Dagen ato Jl.Sosrowijayan karna deket sama malioboro ^^

Berhubung tiketnya murah-an, berangkatnya kaga kira2 paginya, jam 6 flight take off, bayanginnn gw bangun jam 3 PAGI…sekali lagi, jam 3 PAGI,ya Tuhan ga pernah dalam sejarah hidup gw musti bangun sepagi itu. Dan dengan bermodalkan secangkir capuccino latte bagi dua sama nyokap seharga 5rb rupiah dari vending machine di Terminal 3, mata gw melek buat seharian. Nyampe jogja mungkin sekitar jam 8 or jam 9, kita berempat dengan backpack menuju jalan malioboro buat cari penginapan. Kita naek TransJogja seharga 3000 per orang sampe ke halte malioboro 2. TransJogja ini sebenernya mirip ama TransJakarta, cuma dalam versi “mini”, dari busnya yang mini, haltenya yang mini, pokoknya maksa abis deh😀

Nah kita berempat tanpa sarapan berjalan menyusuri jl.dagen. masukin hotel2 disana, dari yang mahal sampe yang murah-an, dari depan sampe ujung, dari seger ampe kuyu, dari laper ampe kembung, akhirnya pilihan kita terjatuh di hotel kombokarno. Sebenernya tadinya mao ambil di hotel kristina, dengan harga yang mirip2 karna hotel kristina terlihat lebih baru😀 tapi sayangnya family room adanya di lantai 3, begitu denger lantai 3, nyokap cuma bisa cengo dengan pandangan kuyu, dengan itu maka kita prefer di hotel kombokarno yang bisa ngasih kita family room di lantai 1 dengan harga per malam Rp.300.000 untuk 4 orang plus breakfast untuk 3 orang😀

after taro backpack, tuker celana pendek, kita nyari sarapan. Tapi rata2 tempat makan blom pada buka di pagi hari, n kita mutusin buat ke Pempek Ny.Kamto untuk memulai wisata kuliner kita😀 sempet tanya2 ke tukang becak, katanya jauh sekitar 500 meter. Akhirnya kita mutusin buat sewa 2 becak dengan harga 10rb per becak. Dan guess what, ternyata letaknya DEKETTTT bangettt, oh My God, ketipu…ngerogoh kocek 20rb cuma buat naik becak kayak dari pasar pagi ke stasiun kota yang notabenenya DEKET banget. Yah pengalaman pertama, ketipu di awal, forget it, sejak saat itu gw berjanji tidak akan percaya kata “jauh”-nya tukang becak! Okeh, lupakan si tukang becak. Ngomongin makanan deh. Denger2 pempek ny.kamto ini terkenal, dan memang lumayan okeh, dengan merogoh 41ribu buat mesen pempek membuat sarapan gw berempat terasa cukup nikmat, terlebih setelah ditipu tukang becak wekekeke…(rating 8 dari 10)

Pic pempek Ny.Kamto:
Pempek Ny.Kamto

Next, selanjutnya kita2 jalan ke pasar beringharjo, waduh disini rame banget, banyak penjual batik, dari baju batik, tas batik dan perkakas lainnya yang terbuat dari batik. Karna ga tahan sama ramenya, akhirnya kita keluar dari pasar beringharjo, entah keluar lewat pintu mana kita ketemu salah satu gerobak yang jual es dawet, then kita nyobain es dawetnya, mantep boo seger bikin cape ilang hanya dengan Rp.3000 per gelas😀 (rating 8 dari 10)

Pic Es dawet pasar beringharjo :
Es dawet pasar beringharjo

after mengisi energi dengan es dawet, kita berniat buat jalan dari pasar beringharjo ke Jl.Wijilan yang terkenal dengan Gudegnya. Lumayan juga jalan dari pasar beringharjo ke Jl.Wijilan and sepanjang jalan kita ditawarin sama tukang2 becak, dari kita di deket benteng venderburg (kalo ga salah :D) ditawarin sama tukang becak “mas, mbak, naik becak saja, 5000 saja ke kraton, bolak balik”. Trus pas kita2 dah bisa ngeliat kraton dengan mata telanjang ditawarin lagi “Mas, mbak, naik becak ke kraton bolak balik 4000 saja” =.=! yah pengalaman jalan kaki gitu deh. akhirnya dengan kedua kaki ini, kita2 berhasil mencapai jl.Wijilan, nah sambil lirik2, kita nyari tempat jual gudeg yang bernama “Yu Djum” karna sempet denger2 ini tempat gudeg yang terkenal karna enak, oh yasepanjang jalan ini jualnya gudeg smua, yang beda cuma nama penjualnya aja😀

Akhirnya kita mesen 2 porsi, nasi telur + paha, sama nasi telur + ampla. Dan ternyata harganya cukup merogoh kocek, kita makan 2 porsi itu, ditambah 1 teh manis dan 2 teh tawar totalnya seharga Rp.33.000. Tapi worthed sih, karna begitu gw ngerasain telurnya yang kecoklatan dalam hati gw bilang “Oh God this is the best egg i’ve ever eat” (lebay dikit :D) telurnya gurihh banget sampe kedalem, pokoke mantab gan ^^ (rating 9 dari 10)

pic Gudeg Yu Djum:
Gudeg Yu Djum

Lalu akhirnya kita mutusin buat balek ke hotel dulu buat istirahat, soalnya uda bangun pagi juga..kita jalan kaki dari jl.wijilan buat balik ke jl.dagen en menurut gw itu ga terlalu disarankan apalagi jalan di siang bolong, kerasa ga nyampe2 karna kita jalan rada muter ngikutin jalan balik kendaraan. Tapi karna muter itulah, kita nemu Serabi Notosuman, nah kita beli ni serabi 10 buah dengan harga satuan yang putih 1600, yang coklat 1800, dah beli serabi buru2 balik ke hotel buat nyicipin serabi😀 Dan setelah perjuangan yang kita lakukan jalan dari jl.wijilan, tu serabi terasa sangat enakkk…bagian tengah dari serabinya mantep banget, lembut dan menggoda apalagi dimakan saat hangat, worthedd😀 (rating 9 dari 10).

pic Serabi Notosuman:
Toko
Serabi

Then di hotel kita sempet nyicipin Jadah, tempe n tahu bacem yang dibawain dari kerabatnya NathBun😀 tahunya mantep, nyerep banget bikin pengen lagi n lagi (rating 8 dari 10). Trus setelah kita istirahat, mandi dll. jam 6 gitu kita naik dokar buat ke Bakmi Pak Pele yang jual bakmi godog dll. Yang kita2 pesen adalah bakmi godog, bakmi godog nyemek, magelangan, Es tape, dan wedang ronde. Bakmi godognya lumayan sih, but rada hambar (rating 7 dari 10). Bakmi godog nyemeknya better than bakmi godognya (rating 8 dari 10), then yang paling mantepnya itu adalah magelangannya (rating 9 dari 10). Buat es tape yaaa rasanya gitu deh, rada aneh di lidah then wedang rondenya standar.

pic bakmi godog + dll pak pele:
Bakmi godog + dll

Trus malemnya kita sempet nyobain “Kopi Jos” yaitu kopi yang dimasukin arang membara😀 kita nyobain kopi jos nya di angkringan Lek’Man deket2 Stasiun Tugu sana sambil ditemani sate telur, tahu sumedang en telur bakar. review dikit buat kopi josnya, itu bener2 kopi item dimasukin arang membara yang lagi dipake buat masak air panas, gw bener2 cengo pas masnya taro tu arang ke dalem kopinya, shock, maklum fenomena itu gak pernah gw liat di jakarta😀 tapi arang itu emang ngebuat kopinya jadi terasa lebih mantab sih, then untuk telur bakarnya ini juga bikin rada shock, telur bakarnya itu dibikin dari telur asin dibelah dua yang dimasukin ke dalam anglo yang berisi arang membara, gw sempet liat beberapa serpihan arang masuk ke dalam telurnya =.=! then karna gw merasa bersalah sama tenggorokan, akhirnya after minum kopi jos gw ke indomart buat beli larutan cap kaki tiga, menetralisir arang kali ya wekekekke (rating 8 dari 10).

Gw pikir segelas kopi jos bakal bikin gw melek sampe pagi, ternyata begitu nyampe hotel langsung tepar😀 then sampelah ke hari kedua gw berada di jogja. Nah di hari kedua ini kita2 ada sewa mobil, dapetnya dari kaskus, asahi rent kalo ga salah. Kebetulan kita dapet drivernya ternyata pemilik dari rental carnya, jam 8 pagi kita start berangkat dari hotel setelah breakfast menuju ke Borobudur. kita sampe ke borobudur sekitar jam 9, then dimulailah petualangannya, oh ya buat masuk borobudur ini bayar per orang Rp.12.500, kalo bawa kamera nambah Rp.1000. Sepanjang petualangan naik ke Borobudur sempet foto2 juga😀 then stelah kita berhasil sampe ke tingkat atas, foto2 bentar, balik lagi turun ke bawah dan trip selanjutnya adalah makan siang di RM.Mang Engking.

pic candi borobudur:
candi borobudur

stupa

Wah ternyata dari Borobudur ke RM.Mang Engking cukup jauh, kira2 butuh 2 jam-an buat sampe kesana. Di RM.Mang Engking ini kita2 mesen menu yang paketan terdiri atas: Gurame Bakar, Gurame Cobek, Udang bakar madu 2 porsi (dapetnya yang standard, kita minta yang super), udang saos tirem (udang standard), kangkung cah, nasi 1 bakul, air jeruk n es teh. Kita sempet nambah 2 butir kelapa muda utuh, total harganya Rp.327.000 buat makan ber-5 (plus drivernya). Nda perlu gw bilang lagi lah, dah pasti WORTHED!!! Udang bakar madunya MANTAB BANGET, gurame bakarnya juga mantep, sampe terakhir ga kuat lagi makan nasinya, cuma sapu bersih sayurnya aja. And off course, this is the best Grilled Prawn with honey i’ve ever eat!! Disini suasananya juga enak, masih sejuk karna masih daerah pedesaan, gw juga bingung kok daerah sepi gini bisa terkenal😀 tempat makannya terbuat dari bambu dan dibangun diatas tambak ikan dan udangnya, jadi ati2 aja jangan sampe kecebur wekekeke.. (Rating 10 dari 10).

pic makanan Rm.Mang Engking (ikan bakar, ikan cobek, udang bakar madu):
ikan bakar, ikan cobek, udang bakar madu

kelapa muda butir

udang saos tiram

pic pemandangan dari Rm.Mang Engking:
view

After kenyang makan di RM.Mang Engking, kita lanjutkan perjalanan menuju salah satu pantai, yaitu pantai Depok, kita sampe di pantai ini kira2 1 jam perjalanan. DIsini kita main2 air dulu di pantai then ke pelelangan ikan, disini kita bisa milih2 sendiri hewan laut dan musti pinter2 milih karna bisa aja ada yang gak fresh. Soal harga cukup murah di bandingkan Jakarta, kita beli 1 KG cumi seharga 25rb dan ikan kakap 2 ekor dengan berat 8 ons seharga 20ribu. Nah dari pelelangan ikan ini kita bisa milih mau masak dimana, kita milih masak di salah satu tempat bernama AI. 1 kg cumi itu kita bagi jadi 3 masakan, ada cumi bakar, cumi saos padang and cumi goreng tepung, untuk ikannya kita bagi jadi 2 masakan ikan asam manis dan ikan bakar. Oh ya kalo minta masakin disini kira2 waktu tunggunya 1 jam kalo lagi sepi, sekalian juga kita pesen kelapa muda utuh 2 butir lagi😀. Review untuk masakannya, enakkkk😀 terutama untuk cumi bakar, ikan asam manisnya. Untuk cumi saos padangnya pedesss banget >.< kalo ikan bakarnya terus terang aja kalah jauh dibanding ikan bakar RM.Mang Engking. (Rating 9 dari 10).

pic pantai depok:
pantai depok

sunset pantai depok

Then after that, kita masih nyobain bakmi godognya Mbah Mo yang di recommend dari driver kita. Wah ternyata emang gak rugi, g sampe sekarang aja masih ketagihan en pengen makan lagi disana >.< padahal kita makan disana dalam keadaan kenyang. di Mbah Mo kita pesen 1 bakmi godog serta nyobain kopi jahe dan teh jahe. Emang ternyata beda jauh sama yang bakmi pak pele😀 teh jahenya juga enak apalagi minumnya dah malem2 gitu, biar nda masuk angin😀 plus, lebih murah dibanding bakmi pak pele😀 tapi minusnya, tempatnya jauh, entah ada dimana, untung drivernya tau lokasinya dimana😀 (Rating 10 dari 10).

Oh ya review gw buat driver dari asahi rent yang kebetulan pemiliknya sendiri, karna katanya driver yang lain dah di booked. Gw sama fam cukup puas dengan pelayanannya, karna drivernya juga bisa ditanyain tempat2 recommendednya dimana, en drivernya juga asik buat diajak ngobrol😀 Bagi yang mau ke jogja silahkan coba aja contact asahi rent, nama pemiliknya itu Yulianto (sori kalo nulisnya salah :D) en yang buat threadsnya. linknya : Rental Car

Sekian review gw buat trip to jogja yang sekaligus mencoba wisata kuliner di jogja..moga2 gw ada kesempatan lagi buat kesana, karna waktu yang gw spent cukup sempit, cuma 3 hari 2 malam aja. Tapi bener2 perjalanan yang berharga plus kita juga ga rugi karna dah nyobain makanan2 terkenal di jogja😀

5 Responses to “Trip n Wisata Kuliner Jogja”

1. dewablogs Says:

wah ada yang kelewatan tuh coba aja ke “warung ijo” letaknya di bawah jembatan krasak tepatnya di pasar tempel ….

2. Hohoho Says:

wah, mantap sekali sis! laen kali coba nasi goreng bakar dong. mantap tuh