Fairyfallen's Weblog

Some story of my life

Chinatown Indonesia August 11, 2009

Filed under: Travelling — fairyfallen @ 8:53 am

okay, setelah menulis perjalanan ke PRJ, sekarang gw mau menulis mengenai “chinatown”nya indonesia, daerah ini cukup populer dengan nama “pancoran”, lokasinya di jakarta barat (soalnya ada juga daerah bernama pancoran di jakarta selatan).

intinya di pancoran ini, mau cari apa juga ada deh..
Kalau mau cari makanan (kuliner nih) bisa nyari di jalan kali mati (disebut oleh orang lokal sana) gw gak tau juga kenapa disebut itu, tapi disepanjang jalan itu banyak banget makanan yang yummy, baik makanan halal maupun makanan ga halal bagi muslim ada disini (tapi cenderung lebih banyak yang ga halalnya sih :D)
lalu kenapa gw sebut sebagai chinatown, karna disini cenderung banyak menjual pernak pernik china, terutama jika ada perayaan china, contohlah misalkan ceng beng perayaan untuk orang meninggal. maka akan banyak penjual yang menjual benda2 untuk ritual seperti itu.

lalu, mau cari elektronik, siapa juga yang ga tau daerah glodok? di glodok ini menjual berbagai elektronik baik yang bajakan maupun yang asli, contoh bajakan : harusnya Sony, jadi Suny, atau Sonny dll. Kalau mau berbelanja di daerah glodok ini, harus bisa nawar, karena biasanya penjual2 disini membuka dengan harga yang cukup tinggi dan kita akan rugi jika tidak menawar😀 dan didaerah sini juga, jika kita mau belanja, coba dilihat penjualnya dari rumpun mana, jika kita bisa berbahasa rumpunnya biasanya bisa dapat harga lebih murah😀
Kalo yang gw liat sih disini kebanyakan orang2 bangka, dan kebanyakan orang bangka disini masi cukup muda (sekitar umur 20an). saran gw jangan pernah datang ke glodok dengan pakaian yang aduhai, karna tentunya pasti mendapat berbagai godaan baik dari abang2 maupun penjual2 dsini (ni salah satu yang gw ga suka di daerah glodok :D)

Mau cari baju, bisa ke pasar glodok, intinya disini adalah TAWAR, walau harus menawar sampai separuh harga pun , tawar terus😀

berhubung gw tinggal di daerah ini (jalan kaki krg lebih 10 menit) maka gw cukup mengenal daerah2 disini.
dulunya bahkan di daerah pancoran ini lebih ramai lagi, banyak penjual yang berdagang di sekitar taman yang sekarang taman tersebut digusur oleh pemerintah dan disulap menjadi sebuah Kali yang panjang =.=!
Bahkan ada tukang cendol fave gw yang berjualan di taman tergusur entah kemana, sampe sekarang gw nyari tu tukang cendol kaga ketemu serpihannya =.=!
Oh ya, di daerah taman ini (dulunya) banyak penjual manisan, baik manisan mangga, kedondong, salak, permen, dan lain2nya sekarang bermigrasi ke pasar glodok lantai basement.

di daerah pancoran ini, juga terdapat sebuah pasar bernama petak sembilan, sperti biasanya pasar itu menjual buah, sayuran, kue2 pasar, dan jajanan lainnya, menurut survey yang pernah gw lakuin, pasar petak sembilan menjual barang dengan harga lebih mahal dibanding pasar lainnya, tapi menurut gw sih worthed, karna emang kualitasnya lebih mantap😀

nah kalo uda bosen jalan2 didaerah pancoran, bisa lihat2 juga ke daerah “kota”, di kota ini ada stasiun kota, pusat kereta api. nah kalau jalan2 di sekitar kota ini, bisa melihat ke beberapa musium, daerah ini juga disebut kota tua/pusat kota tua. karena memang bangunannya masih tua (memang disengaja tidak di renov), yah kalo sekedar foto2 sih masi oke, tapi selebihnya daerah kota tua ini gak terlalu worthed untuk dikunjungi😀

oke, kira2 ini tulisan untuk ‘chinatown’ nya Indonesia…selanjutnya mgkn akan ngebahas ‘orchard road’nya Indonesia😀

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s